Kekuatan sebuah pendidikan melebih kekuatan dari finansial

Senin, 12 Mei 2008

PENDIRIAN MTsN di Lasi Kec. Canduang

Rasionalisasi

Mencermati animo masyarakat terhadap pentingnya pendidikan, terutama terhadap pendidikan yang berbasis agama Islam. Dari pantauan di lapangan melihat anak-anak di Nagari Lasi, Canduang dan Bukik Batabuah yang berminat melanjutkan pendidikan tingkat SLTP ke Madrasah Tsanawiyah sangat banyak, maka dengan kenyataan seperti itu maka masyarakat Lasi khususnya dan Kecamatan Canduang umumnya berminat sekali untuk mendirikan madrasah tsanawiyah ini.

Dengan banyaknya anak-anak dari Kecamatan Canduang yang memilih sekolah di Madrasah Tsanawiyah, pada umumnya mereka memilih pergi ke Kota Bukittinggi untuk melanjutkan, yang tentunya akan membutuhkan biaya dan ongkos yang tidak sedikit. Kalau kita perhatikan pada umumnya mereka terlahir dari golongan ekonomi lemah dan tidak mampu. Dengan tingginya ongkos dan biaya yang harus dikeluarkan oleh orang tua di Nagari ini, mungkin dengan berdirinya sebuah Madrasah Tsanawiyah Negeri di Lasi sedikitnya akan tertanggulangi juga masalah kesulitan biaya para orang tua. Bahkan jujur saja dengan keadaan ini bagi orang tua yang punya anak banyak bisa mengakibatkan anak-anak mereka terpaksa putus sekolah.

Dari kenyataan seperti yang diuraikan di atas maka para tokoh masyarakat telah mengadakan pertemuan. Dari hasil pertemuan para tokoh masyarakat dan tokoh pendidik yang ada di kenagarian Lasi, Canduang dan Bukik Batabuah, yang juga dihadiri oleh Camat Kecamatan Canduang serta Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Canduang, pertemuan diadakan pada Hari Sabtu 10 Mei 2008 bertempat di SDN 06 Lasi Mudo. Dari hasil pertemuan tersebut sepakat untuk mengusahakan berdirinya sebuah madrasah tsanawiyah di Nagari Lasi, dan untuk sementara menjadi bagian atau Filial dari MTsN IV Angkek Canduang yang berada di Nagari Canduang.

Keinginan masyarakat yang sangat kuat untuk mengusahakan berdirinya sebuah Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan ini juga disambut baik oleh Camat Kecamatan Canduang, Kepala Kantor Urusan Agama, dan Kepala UPT Dikbudora Kecamatan Canduang. Berdasarkan keadaan dan kondisi yang sudah kondusif ini maka sudah selayaknya berdiri sebuah Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kenagarian Lasi.

Tujuan

Melihat kenyataan serta perkembangan generasi muda saat ini yang cenderung menerima informasi tanpa filter /saringan yang kadang-kadang salah kaprah menerima informasi dan mencernanya. Dan yang lebih fatal lagi kalau informasi dan perkembangan itu sangat negatif sekali, karena kalau generasi penerus sudah terlebih dahulu menjadi rusak alamat hancurlah masa depan masyarakat Nagari dan bahkan Negara ini, seperti meningkatnya pemakaian Narkoba, Miras, Pergaulan Bebas, serta informasi-informasi lainnya baik itu melalui internet, media televisi, serta media elektronik lainnya. Melihat kenyataan di atas maka pendirian Madrrasah Tsanawiyah ini bertujuan:

1. Mempersiapkan generasi muda penerus bangsa yang bermartabat, bermoral serta beraqidah

2. Menanamkan nilai-nilai keagamaan terhadap generasi penerus.

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa yang beragama

4. Mewujudkan visi Kabupaten Agam yaitunya “Agam Mandiri Berprestasi yang Madani

5. Mewujudkan falsafah adat Minang Kabau yaitunya “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”.

Tidak ada komentar: